Jumat, 06 April 2012

akses jalan di kecamatan tebing tinggi timu


Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti menargetkan tahun 2014 nanti akses jalan dari Desa Sungai (Sei) Tohor menuju Desa Lukun dapat tuntas. Selain itu juga akses antar desa di Kecamatan Tebing Tinggi Timur itu, juga akan diselesaikan. Sehingga keterisoliran seluruh desa di kecamatan pemekaran baru itu dapat diatasi.

Demikian disampaikan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan Nasir MSi, saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Tebing Tinggi Timur, Kamis (16/2) kemarin. Dikatakan Irwan, pihaknya akan berusaha memberikan porsi pembangunan yang cukup besar bagi kecamatan yang baru berusia lebih kurang setahun itu.

‘’Tahun 2011 lalu kita sudah mulai melakukan pembangunan di sini, khususnya ketersediaan akses jalan yang masih menjadi salah satu penyebab terisolirnnya daerah ini. Sebab daerah kaya potensi seperti Tebing Tinggi Timur ini tidak akan cepat berkembang jika aksesnya tidak memadai. Oleh karena itu dengan sistem multiyears kita akan berusaha menuntaskan akses dari Desa Sungai Tohor yang menjadi ibukota kecamatan ke Desa Lukun yang berada di seberang Kecamatan Tebing Tinggi,’’ ungkap Bupati Irwan.


Dari panjang akses 15,5 kilometer dari Sungai Tohor menuju Desa Lukun, kata Bupati Irwan, sepanjang 5,5 kilometer sudah terbangun tahun 2011 lalu. Namun, 2014 akses tersebut ditargetkan selesai dan sudah bisa dilalui dengan lancar.

‘’Nantinya dari Lukun ke Sungai Tohor sudah bisa dilalui dengan kendaraan bermotor. Dengan begitu segala potensi yang ada di Sungai Tohor bisa dipasarkan. Sehingga perekonomian masyarakat di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur bisa meningkat,’’ sebutnya.

Lebih jauh, Bupati Kepulauan Meranti itu, juga menyebutkan bahwa tahun 2012 ini akan segera dibangun kantor Camat Tebing Tinggi Timur dan gedung pertemuan. Alokasi yang dianggarkan oleh Pemkab Meranti untuk pembangunan itu sebesar Rp2,5 miliar.

‘’Kita ingatkan kalaupun sudah ada lahan untuk dibangun kantor camat dan gedung pertemuan itu diingatkan agar dapat membuat sertifikat lahan itu. Sehingga tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Kami atas nama Pemkab Meranti juga memberikan apresiasi atas sumbangsih masyarakat dalam membantu pembangunan di Kecamatan Tebing Tinggi Timur,’’ ucap Irwan.

Dalam kesempatan itu, Sekcam Tebing Tinggi Timur, Helfandi SE MSi, juga melaporkan sekaligus mengharapkan agar sebagai kecamatan baru, Tebing Tinggi Timur, dapat diberikan porsi pembangunan yang besar. ‘’Musrenbang sebagai forum pengusulan pembangunan kami mengharapkan dapat diperhatikan, seperti kantor pelayanan, Puskesmas, jalan dan lainnya,’’ ujarnya.

Anggota DPRD yang turut serta dalam memberikan pokok-pokok pikiran pada pembukaan Musrenbang itu yang dilakukan oleh Edi Masyudi SPdi. Disebutkannya bahwa Pemkab Meranti diharapkan dapat memperhatikan jalan poros di seluruh wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Hadir juga, anggota DPRD lainnya, Falzan Surahman, sejumlah kepala dinas, kepala badan dan pejabat lainnya. Tampak juga dalam Musrenbang kemarin seluruh kepala desa se-Kecamatan Tebing Tinggi Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar